Menjalin Usaha Bersama

logo

Creative Hub Tempat Bertemunya Elemen Pentahelix Sektor Ekonomi Kreatif

Rabu, 10 Juli 2024

INDONESIA – Kehadiran creative hub menjadi angin segar bagi para pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) di Indonesia. Mengingat, creative hub merupakan wadah kreativitas bagi para pelaku ekraf dalam bentuk infrastruktur fisik.

Dibangunnya creative hub bertujuan untuk mendukung kegiatan para pelaku ekraf menciptakan karya-karya terbaiknya. Sehingga, besar harapannya dapat membantu para pelaku ekonomi kreatif lebih mudah mengembangkan ide, bisnis, membangun jejaring, berorganisasi, sekaligus mempererat ikatan sesama pelaku ekonomi kreatif lainnya.

Tentunya kehadiran creative hub di Indonesia tidak hanya sebagai tempat kolaborasi antara subsektor ekonomi kreatif saja. Melainkan menjadi tempat bertemunya elemen pentahelix di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf).

Dalam hal ini creative hub menjadi wadah bagi para pengrajin atau pelaku industri kreatif dengan berbagai komunitas, investor, pemerintah dan media. Dengan kata lain, creative hub menjadi “jembatan” untuk mengenalkan produk-produk ekraf lokal lebih luas dan mendunia melalui kolaborasi dan dukungan elemen pentahelix.

Saat ini kehadiran creative hub sudah berkembang pesat dan tersebar hampir di seluruh pulau di Indonesia. Uniknya, setiap creative hub memiliki ciri khas dan daya tariknya masing-masing. Lantas, di mana saja lokasi creative hub di Indonesia?

Creative Hub Semarang

Salah satu creative hub di Indonesia yang memiliki peran penting dalam mendukung pelaku kreatif ekonomi lokal di Jawa Tengah dan sekitarnya adalah Creative Hub Semarang. Creative Hub yang diresmikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno 2021 lalu ini dibangun sebagai upaya membangkitkan laju ekonomi kreatif di tengah pandemi.

Namun kini, kehadiran Creative Hub Semarang juga berperan penting dalam mengembangkan industri kreatif di Kota Lama Semarang, yang masuk dalam proyeksi pengembangan nasional Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang). Banyak hal inovasi kreatif dan menarik yang bisa Sobat Parekraf temukan di Creative Hub Semarang. Mulai dari banyaknya mural di setiap sudut dinding Creative Hub Semarang, adanya ruang fotografi, seni pertunjukan, serta berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan para komunitas.

Creative Hub Waringin

Pernah digunakan sebagai salah satu lokasi side event G20, Creative Hub Waringin menjadi salah satu creative hub di Indonesia yang menarik dikunjungi. Sebab, creative hub yang dibangun di atas lahan seluas 1.700 meter persegi ini memiliki konsep menarik, serta dilengkapi berbagai fasilitas pendukung.

Sedikit berbeda dengan creative hub lainnya, Creative Hub Waringin terdiri dari dua bangunan utama. Pertama adalah “Rumah Tenun” yang mana terdiri dari area kuliner, pameran, dan berbagai workshop kriya. Sedangkan yang kedua adalah “Rumah Suvenir” atau bangunan yang difokuskan untuk ruang pameran dan menjual cinderamata karya dari para pelaku ekonomi kreatif lokal.

Creative Hub Samosir

Sebagai bentuk komitmen dan konsistensi pemerintah membangkitkan laju ekonomi kreatif pasca pandemi, Menparekraf Sandiaga Uno meresmikan Creative Hub Samosir pada Maret 2022. Dibangun di atas lahan seluas 1.000 meter persegi dan memiliki dua lantai, Creative Hub Samosir memiliki daya tarik yang tidak ada di creative hub lainnya.

Di lantai satu, Sobat Parekraf akan disambut ruangan khusus untuk mendukung aktivitas pengolahan kopi. Mulai dari ruang processing, laboratorium uji rasa, ruang pengemasan, serta ruang display dan kafe untuk menjual berbagai hasil produk. Naik ke lantai dua, Sobat Parekraf dapat menemukan beberapa ruangan, seperti ruang kelas multifungsi, coworking space, sampai dengan meeting room yang bisa digunakan untuk pelatihan, diskusi, atau aktivitas-aktivitas mengasah kreativitas pelaku ekonomi kreatif di sekitar Danau Toba.

Creative Hub Papua

Satu lagi creative hub yang tidak kalah menarik dikunjungi adalah Creative Hub Papua. Turut dikenali sebagai Papua Youth Creative Hub, creative hub di Kota Jayapura ini berfungsi sebagai ruang untuk pengembangan inovasi, teknologi, kreativitas, serta produk lokal karya pelaku ekonomi kreatif Papua.

Memiliki peran penting mendukung pengembangan industri kreatif Kota Jayapura, Papua Youth Creative Hub diproyeksikan menjadi “Silicon Valley” Indonesia Timur. Itu mengapa, Papua Youth Creative Hub turut didukung dengan berbagai fasilitas, seperti ruang pameran, ruang teater untuk pengembangan seni budaya, studio foto dan musik, kuliner space, hingga lapangan olahraga.

Melihat semakin banyaknya creative hub di Indonesia diharapkan dapat mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk terus semangat berkarya menghasilkan karya-karya terbaiknya. Sehingga, ke depannya dapat meningkatkan perekonomian, sekaligus membuka lebih banyak lapangan kerja. Cover: Bangunan Creative Hub Papua yang jadi pusat kumpul pelaku industri kreatif (Dok Kemenparekraf).*(sumber:kemenparekraf.go.id)

error: