Menjalin Usaha Bersama

logo

Bupati Madiun, Siap Laksanakan Instruksi Presiden

Sabtu, 26 Maret 2022

MADIUN – Bupati Madiun Ahmad Dawami menghadiri Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia (BBI) di Nusa Dua, Bali, Jumat (25/3). Dalam acara itu, Presiden RI Joko Widodo memberikan pengarahan mengenai Gerakan BBI yang telah diluncurkan sejak 14 Mei 2020.

Aksi afirmasi BBI merupakan komitmen pemerintah menjadikan produk lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Hal itu sejalan dengan arahan Jokowi yang meminta seluruh daerah mengalokasikan anggaran sebesar 40 persen untuk belanja produk lokal.

Jokowi menyatakan sebetulnya APBN maupun APBD hingga anggaran BUMN bisa memicu pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Caranya adalah dengan membeli produk-produk dalam negeri. Sayangnya, hal itu belum banyak dilakukan oleh instansi pemerintah.

“Kita diam saja, tapi konsisten beli barang yang diproduksi pabrik-pabrik, industri-industri, UKM-UKM kita, kok enggak kita lakukan. Bodoh sekali kita kalau tidak melakukan ini,” ujar Jokowi. Menurut Presiden, impor barang-barang itu hanya akan menguntungkan negara-negara lain.

Menanggapi hal itu, Bupati Madiun, Ahmad Dawami, mengatakan Pemkab Madiun siap menjalankan instruksi Presiden. Dikatakannya bahwa selama ini telah melaksanakan afirmasi BBI. Konfirmasi itu tertuang dalam e-katalog pengadaan dalam struktur APBD Kabupaten Madiun. Kaji Mbing sapaan Bupati Madiun menyebut, dalam e-katalog terdapat standar barang lokal yang harus dibeli.

Ia mencontohkan, “pengadaan seragam ASN misalnya, diambil dari batik lokal, pengembangan produk lokal berupa makanan olahan dan lain sebagainya,” ungkap kaji mbing.(data dan foto bagian prokopim kab. Madiun).*lly/madiuntourism.com

Keterangan Foto : Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan pengarahan mengenai Gerakan BBI di Bali.

error: